Selasa, 01 Mei 2012

Makanan dan Kesehatan


Makanan menurut kesehatan adalah makanan yang dimakan menurut aturan tertentu yang ditentukan macam dan jumlahnya untuk memenuhi kebutuhan gizi atau untuk penyembuhan penyakit, memperoleh energi yang berguna untuk pertumbuhan, mengganti sel-sel tubuh yang rusak, mengatur metabolisme tubuh, serta mencegah dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit. Fungsi makanan secara umum adalah : 1) untuk membangun tubuh atau untuk memelihara dan memperbaiki bagian-bagian tubuh yang rusak, 2) memberi tenaga yang dibutuhkan tubuh untuk bergerak dan bekerja, 3) memberi bahan untuk mengatur pekerjaan tubuh. Sedangkan fungsi makanan dalam upaya penyembuhan penyakit yaitu : a) salah satu bentuk terapi, 2) penunjang  pengobatan, dan c) tindakan medis.
Pengaturan makanan bagi orang sakit bukanlah merupakan tindakan yang bediri sendiri dan terpisah dari tindakan keperawatan dan pengobatan, ketiganya merupakan satu kesatuan dalam proses dalam penyembuhan penyakit. Oleh karena itu tanggung jawab ahli gizi sangat diperlukan dalam tim, bersama dokter dan perawat.
Makanan biasa adalah makanan yang susunan maupun bahan makanan yang dipilih tidak berbeda dengan makanan orang sehat. Modifikasi yang paling ringan mungkin dalam penggunaan bumbu karena dalam keadaan sakit. Pasien tidak boleh makan-makanan yang rasa pedas atau bumbu yang merangsang saluran pencernaan. Sedangkan makanan lunak  susunan dan cara pengolahannya berbeda dengan makanan biasa. Makanan ini diberikan kepada pasien sesudah operasi tertentu dan pada penyakit infeksi dengan kenaikan suhu badan tidak terlalu tinggi. Makanan ini mudah cerna, rendah serat dan tidak mengandung bumbu yang merangsang. Makanan ini cukup kalori, protein dan zat-zat gizi lain (Almatsier, 2003).

0 komentar:

Posting Komentar