Senin, 30 April 2012

Terapi Diet untuk Demam Berdarah Dengue (DBD)


Terapi Diet untuk untuk DBD didasarkan prinsip Tinggi Energi dan Tinggi Protein (TETP), Tinggi Cairan dan Elektrolit. Diet TETP adalah diet yang mengandung energi dan protein lebih tinggi daripada makanan biasa (RS Dr. Cipto Mangunkusumo dan PERSAGI, 1992).
DBD merupakan penyakit infeksi akut yang disertai peningkatan suhu tubuh oleh karena itu penderita membutuhkan tambahan energi, protein, air dan elektrolit. Sebaliknya nafsu makan anak sangat berkurang hingga makanan yang biasa mereka makan ditolaknya. Penyakit tersebut tidak berlangsung lama, maka tidak perlu memaksa anak untuk menghabiskan jumlah makanan yang ditentukan atas dasar kebutuhannya. Makanan harus diberikan seringkali dalam jumalh yang sedikit tiap kalinya, akan tetapi jumlah air harus dipenuhi. Formula dapat diencerkan pada hari-hari pertama atau anak dapat diberikan air buah seperti jus jeruk dan sebagainya. Dalam keadaan rekonvalesensi anak mulai mau makan dan makanan yang biasa harus diberikan secepat-cepatnya (Solihi Pudjiadi, 2005).
Tujuan Pemberian Diet TETP
Tujuan pemberian diet TETP menurut RS Dr. Cipto Mangunkusumo dan Persatuan Ahli Gizi Indonesia dalam buku penuntun diet anak (1992) adalah sebagai berikut :
1. Memberikan makanan lebih banyak daripada keadaan biasa untuk memenuhi kebutuhan energi dan protein yang meningkat.
2.      Mencegah dan mengurangi kerusakan jaringan tubuh.
3.      Menambah BB hingga mencapai normal / Mempertahankan status gizi optimal.
Syarat Pemberian Diet TETP
Untuk memenuhi tujuan yang telah dikemukakan sebelumnya, perlu diperhatikan persyaratan yang diperlukan bagi diet TETP :
1.      Tinggi energi,
2.      Tinggi protein,
3.      Cukup mineral dan vitamin,
4.      Mudah dicerna,
5.      Diberikan secara bertahap bila penyakit dalam keadaan berat, dan
6. Makanan yang dapat mengurangi nafsu makan, seperti kue-kue manis dan gurih tidak diberikan dekat sebelum waktu makan.
Indikasi Pemberian Diet TETP
Pemberian Diet TETP dilakukan pada keadaan :
1.      Gizi kurang dan gizi buruk,
2.      Anemia gizi,
3.      Persiapan operasi untuk mencapai gizi seimbang dan pasca operasi bila pasien telah dapat menerimanya,
4.      Luka bakar, dan
5.      Baru sembuh dari penyakit dengan panas tinggi dan penyakit kronik.

Lihat Juga Konsep Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD)

1 komentar:

Leona Knight mengatakan...

Saya didiagnosis Herpes 2 tahun yang lalu dan saya telah mencoba semua cara yang mungkin untuk mendapatkan obatnya tetapi tidak berhasil, sampai saya melihat sebuah posting di forum kesehatan tentang seorang Dokter Herbal (Dr Akhigbe) yang menyiapkan obat-obatan herbal untuk menyembuhkan semua jenis. penyakit termasuk Herpes, pada awalnya saya ragu, apakah itu nyata tetapi memutuskan untuk memberinya percobaan, ketika saya menghubungi Dr Akhigbe melalui Emailnya: drrealakhigbe@gmail.com dia membimbing saya dan menyiapkan obat herbal dan mengirimkannya kepada saya melalui jasa pengiriman kurir, ketika saya menerima paket (jamu) Dia memberi saya petunjuk tentang cara mengkonsumsinya, saya mulai menggunakannya seperti yang diperintahkan dan saya berhenti mendapatkan wabah dan luka mulai menghilang, bisakah Anda percaya saya sembuh dari virus mematikan ini dalam dua hingga tiga minggu dan pemberitahuan perubahan di tubuh saya. Berhari-hari menggunakan PEMULIHAN ini, tidak bisa mempercayai penyembuhan pada awalnya sampai saya melihatnya sebagai HERPES saya sembuh seperti sihir Dr Akhigbe juga menggunakan obat herbal untuk menyembuhkan penyakit seperti, HIV, HERPES, KANKER, ALS, PENYAKIT KRONIS, PENYAKIT JANTUNG , LUPUS, ASTHMA, DIABETES HEPATITIS A DAN B.ECZEMA, BACK PAIN, INFEKSI EKSTERNAL, ASTHMA, MALARIA, DEMAM BERDARAH, BACTERIA DIARRHEA, RABI, PROGERIA, MENINGITIS, EPILEPSI, STONE, GULA HULU, GELOMBANG HUBUNGI JUGA, GULA HAK THYROID, DINGIN & FLU, PENYAKIT GINJAL, ACME. API LUKA. dll. Hubungi dokter herbal yang hebat ini hari ini bapak obat herbal. via Email: drrealakhigbe@gmail.com atau whatsapp dia +2349010754824 dan sembuh secara permanen. Dia nyata..website: https: drrealakhigbe.weebly.com

Posting Komentar